Saturday, October 15, 2011

Maher Zain Live in Concert Silaturahim for Indonesia: Zikir, Shalawat and Have Fun

Finally.... hari yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba. Yup, this is it, Maher Zain's concert!!

 Minggu, 9 Oktober 2011 bertempat di Istora Senayan Jakarta, penyanyi RnB religi asal Swedia Maher Zain menggelar konsernya yang bertajuk Silaturahim untuk Indonesia. Jakarta merupakan kota terakhir dari rangkaian tour 3 kota Masbro, setelah sebelummnya diadakan di Bandung (6 Oktober) dan Surabaya (8 Oktober). Konser ini dipromotori oleh Velvet Production, DNA Production dan Sony Music. Pada konsernya kali ini Maher tidak sendiri, dia juga mengajak teman duetnya penyanyi religi berdarah Pakistan asal Kanada Irfan Makki dan Fadly 'Padi'. Penampilan Maher sangat memukau dan keren banget, namun sayang kenyamanan konser sangat tergangu karena kurangnya persiapan promotor. 



Antrian di luar Istora
Fans yang sudah kecapekan, kehujanan gak sabar ingin masuk
Sejak pukul 5 sore saya dan penggemar Maher Zain lainnya yang sebagian besar muslimah sudah memadati pelataran Istora Senayan. Euforia ingin segera melihat Mas bro sangat terasa. Setelah menunggu kurang lebih satu jam, pintu gerbang Istora pun dibuka, penonton langsung menyerbu masuk. Namun di sini sempat terjadi kekacauan karena kurang siapnya panitia dan promotor. Tidak adanya petunjuk di pintu masuk untuk tiap-tiap kelas membuat kami penonton bingung. Kami dibuat menunggu lagi oleh panitia, karena pintu gak dibuka-buka, gimana caranya konser jam 7 pintu juga baru akan dibuka jam 7?? Penonton mulai kecewa. Tapi baiknya kami jadi sempat sholat magrib dulu, Masbro juga pasti gak mau fansnya gak sholat gara-gara nonton dia konser kan hehhehee... pas ke mushollah kedengaran ternyata si Masbro masih check sound, dan ternyata pagar-pagar pembatas buat di dalam juga baru diturunin dari truk. Ckckckck benar-benar kurang persiapan tim promotornya ini! Hujan deras yang mengguyur Istora membuat penonton semakin berdesakan, sebagian ada yang tidak dapat mengontrol emosi dengan memukul-mukul pintu kaca, minta agar segera dibukakan pintu. Pukul 7 pintu pun dibuka, namun lagi-lagi kami harus dibuat menunggu untuk masuk ke dalam ruang konser. Cukup pegel juga kaki berdiri dari jam 5 sore, mana cuma beli tiket yang festival pula, keburu habis tenang. Ditambah lagi sebagian penonton yang gak ngerti budaya antri meyelusup-nyelusup di barisan depan, sontak membuat kami yang di barisan belakang emosi. Setelah menunggu hampir sejam, kira-kira jam 8 kami baru masuk. Kembali dorong-dorongan terjadi..fuihhh...!!

Fadly 'Padi'
Kira-kira pukul 20.18 -setelah pangung beberapa kali dipel gara-gara bocor- akhirnya sesosok laki-laki memakai topi pet masuk. Penonton berteriak. Lampu dinyalakan sontak penonton tertawa, ternyata yang berada di panggung adalah Maher Zain KW 2 alias Daan, host pada malam itu. Setelah sedikit berbasa-basi konser dimulai. Diawali dengan penampilan dari Fadly 'Padi' yang membawakan lagu 'Peristiwa Subuh' dan 'We Will Not Go Down' (di press conference katanya 4 lagu). Kemudian dilanjutkan dengan penampilan special dari Bhai Irfan Makki, yang membawakan beberapa hitsnya seperti 'Mama', 'I'm So Sorry', 'Waiting for The Call', 'Mabruk' dan satu lagu dari mendiang Michael Jackson 'You're Not Alone', karena selama ini suara beliau sering dikira suara Michael Jackson, tapi sumpah suaranya mirip banget! 
Irfan Makki
Maher menyapa penonton
 Penonton terus memanggil-manggil nama Maher. Pukul 20.59 wib, terdengar lirik "Allahu  Akbar...Allahu Akbar...Allahu Akbar Allah..." dinyanyikan dari belakang panggung diiringi tabuhan gendang, yang ditunggu-tunggu Maher Zain naik ke panggung sambil menyanyikan lagu 'Always Be There'. Seluruh penonton berteriak dan ikut bernyanyi. Rasa letih karena berdiri dari sore pun lenyap, saya pun ikut berteriak dan bernyanyi. "Assalamu'alaikum.. apa kabar Jakarta?" begitu Maher menyapa penggemarnya sambil tersenyum dan melambaikan tangan. Maher Zain tampil casual dengan kemeja putih, jaket hitam, celana jeans dan tak ketinggalan topi petnya. Selanjutnya Masbro melantunkan lagu 'The Choosen One', 'Hold My Hand' dan mengajak penonton bershalawat dengan lagu 'Ya Nabi Salam Alayka'. Suasana semakin syahdu, Maher pun menajak penonton untuk mengingat Allah sambil menyanyikan lagu 'Thank You Allah', sangking menghayatinya seorang penonton pria di sebelah saya menangis tersedu-sedu sambil bernanyi (mungkin ada pengalaman pribadi dengan lagu ini menurut saya).



 
 
Aksi-aksi Maher di atas panggung

Masbro pun takjub dengan antusias penonton, "Masya Allah...Jakarta. Terima Kasih". Masbro lalu mengajak Irfan Makki bhai berduet menyanyikan lagu berbahasa Inggris dan Urdu 'Allahi Allah Kiya Karo'. Lagu tersebut dibawakan dengan lebih up-beat dari lagu aslinya, membuat penonton bersemangat, bernyanyi dan bergoyang. Duet pun dilanjutkan dengan lagu duet terbaru mereka 'I Believe'. Sebelum menyanyikan lagu ini, Masbro bercanda dengan menanyakan kepada penonton apa judul lagu duetnya  dengan Irfan bhai yang baru, ketika penonton menjawab I Believe, si Masbro langsung menyanyikan beberapa bait lagu 'I Believe I Can Fly' kami semua pun tertawa begitu juga si Masbro dan Irfan bhai. Kemudian Irfan bhai bilang, "No, that's not our song". Suasana menjadi lebih akrab dan fun. Dilanjutkan dengan lagu 'Open Your Eyes', masbro  pun dikejutkan dengan naiknya seorang anak laki-laki ke atas panggung memberikan Masbro seikat bunga. Masbro pun menjadi bersemangat membawakan lagu selanjutnya yakni 'Freedom'. Setelah duet dengan Irfan Makki, selanjutnya giliran berduet dengan Fady 'Padi' membawakan lagu yang tak lain dan tak bukan 'Insya Allah' (saya sempet meneteskan air mata karena haru saat lagu ini dinyanyikan). Sebelum bernyanyi Maher meminta penonton untuk menutup mata dan menghayati alunan seruling yang dimainkan oleh salah satu musisinya dengan sangat indah, menambah kesyahduan malam yang dingin itu, merinding eeuuy!! 

Maher Zain ft. Irfan Makki
Maher Zain ft. Fadly 'Padi'

Selanjutnya adalah lagu paling romantis sepanjang masa 'Sepanjang Hidup'. Sambil mendengarkan dan ikut bernyanyi saya pun berdoa dalam hati agar Allah swt. memberikan saya suami yang sholeh seperti Masbro, amiiinn (tetep ngarep.com :D). Maher pun memperkenalkan para musisi yang  mengiringi, diantaranya ada Rindra 'Padi' sebagai bassis. Khusus untuk pemain gendang, seruling dan drummer adalah orang-orang yang setia mengiringi di mana pun Masbro tampil yang dibawa langsung dari Swedia sepertinya. Ketika memperkenalkan pemain gendang, Masbro juga sempet memperlihatkan kemahirannya menabuh gendang. Masbro berterima kepada semua pendukung dan sponsor, dan kembali memuji para penonton "you're great tonight, thank you so much Jakarta".


Maher meminta penonton untuk menyanyikan Barakallah

 Malam semakin larut, suasana semakin meriah, Masbro meminta si penabuh gendang untuk memberikan irama gendang, "Not for dancing, just for fun" begitu pinta Masbro. Lalu Masbro pun kembali bercanda dengan sedikit ber-beatbox, keliatan klo Masbro ternyata orangnya lucu, gak kaku dan malam itu pun dia gak jaim. Masbro mengajak penonton melantunkan lagu pamungkasnya 'Barakallah', sebelum bernyanyi kembali terdengar Masbro sempat berkata "let's sing but no dancing". Suasana benar-benar meriah, saya sempat liat beberapa penonton tetap ada yang bergoyang, mungkin terbawa aliran irama gendang. Masbro pun dihujani tepuk tangan riuh penonton. Ternyata lagu tersebut merupakan lagu terakhir di konser malam itu. Setelah bernyanyi Masbro berpamitan "Thank you so much Jakarta, Assalamu'alaikum" sambil tersenyum dan melambaikan tangan Masbro meninggalkan panggung. 


Penonton masih belum mau beranjak dan masih menanggil-manggil nama Maher, berharap ada penampilan tambahan alias encore. Saya sih mengharapkan Maher akan keluar lagi bernyanyi bareng Irfan Makki dan Fadly, namun apa yang kami harapkan tidak terwujud. Hanya Daan si Host yang masuk ke panggung dan menutup konser malam itu. Sedikit kecewa sih. Berdasarkan salah satu artikel yang saya dapati waktu lagi browsing, seharusnya memang ada encore yang akan dibawakan Maher setelah lagu 'Barakallah', namun karena alasan manajemen yang tidak bisa diberitahukan penampilan tersebut batal (http://berbagaisumber.com/read/15210/maher-zein-nyanyikan-11-lagu-saat-konser-di-jakarta). Mungkin si Masbro udah kecapekan, abis konser dari Bandung dan Surabaya. Kejutan yang dijanjikan oleh Fadly saat press conference pun tidak terjadi. But over all, Maher Zain was AMAZING! Cukup puas lah dengan penampilan Masbro. Apalagi sepanjang konser senyum si Masbro tak henti-henti menghiasi wajah tampannya, cukup menentramkan hati hahahaha... :D.

See you again Masbro,,come back soon with your great new songs!!

NB: foto-foto diambil dari berbagai sumber, karena kamera lowbat dan memang niat dari awal mau konsen mandangin si Masbro :D. Thanks MZIFC and VIVAnews for the great pictures.

2 comments:

  1. suka :D
    berasa kaya disana lagi ..
    jadi kangen masbro ..
    heheehe ..
    makasih reviewnya ..
    salam kenal !

    ReplyDelete
  2. thank you Oddie...iya nih jadi kangen Masbro, salam kenal ya..

    ReplyDelete